Kunjungan Wisman ke Kepri Meningkat, Peringkat Kedua setelah Bali

Kunjungan Wisman ke Kepri Meningkat, Peringkat Kedua setelah Bali
Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Batam, Kepri. Foto: batampos.co.id / dalil harahap

jpnn.com, BATAM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kepri pada Januari-Juni 2019 mencapai angka 1.13 juta.

Angka tersebut mengalami kenaikan 17,42 persen atau sebesar 267.307 kunjungan dibandingkan periode yang sama 2018 sebesar 17,04 persen atau sebanyak 227.653 kunjungan.

Realisasi kunjungan wisman tersebut menempatkan Kepri di posisi kedua sebagai daerah dengan kunjungan wisman tertinggi di Indonesia setelah Bali. Selama semester pertama tahun ini, Bali mampu menggaet 2.305.802 kunjungan wisman.

BACA JUGA: Mayat Perempuan dengan Leher Tergorok Ditemukan di Perkebunan Kopi

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan, capaian itu merupakan buah dari kerja sama dan kekompakan antara Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri dan kabupaten/kota di Kepri, bersama pihak swasta yang terus menggenjot kunjungan wisman.

Namun, menurut Buralimar, tingginya kunjungan wisatawan itu sejalan dengan besarnya potensi wisata di Kepri.

Buralimar mengatakan, Kementerian Pariwisata menerapkan tiga strategi untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Batam dan Kepri. Yaitu Hot Deals, Travel Hub, dan Cross Border.

“Hot Deals adalah paket kunjungan yang ditawarkan Kementerian Pariwisata kepada wisman yang ingin berkunjung ke Batam dan kabupaten kota lain di Kepri,” kata Buralimar, Senin (5/8).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kepri pada Januari-Juni 2019 mencapai angka 1.13 juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News