Kunjungi Jawa Timur, Menko Luhut Punya 3 Agenda Penting

Kunjungi Jawa Timur, Menko Luhut Punya 3 Agenda Penting
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan melaksanakan tiga agenda penting di Provinsi Jawa Timur.

Adapun agenda yang pertama, yakni mengunjungi pelabuhan peti kemas teluk lamong pelindo.

Luhut mengatakan pelabuhan itu nantinya menjadi salah satu pelabuhan yang mengutamakan prinsip smart and green port.

Selain itu, digitalisasi akan menjadi kunci Pelabuhan Peti Kemas Teluk Lamong, agar mencapai target terintegrasi, efektif, dan efisien.

"Untuk jadi pelabuhan yang smart dan green port, kita memang perlu untuk memanfaatkan ranah digital. Agar nantinya tercipta kelancaran logistik untuk Provinsi Jawa Timur," kata Luhut, Minggu (13/3).

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di pelabuhan ini, yaitu port to door logistic ecosystem, sistem operasional berupa gate, sistem manajemen lalu lintas kapal, dan yard operating system, digiport system, dan aplikasi operasional.

Pelabuhan Peti Kemas Teluk Lamong juga menerapkan kebijakan green terminal.

Ini merupakan upaya Pelindo untuk melakukan konservasi tanah dan energi, perlindungan biodiversitas, program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), terminal, serta perlindungan sumber daya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melaksanakan tiga agenda penting di Provinsi Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News