Kunjungi Jepang, Delegasi Kemensos Pelajari Alat Bantu Penyandang Disabilitas yang Supercanggih

Kunjungi Jepang, Delegasi Kemensos Pelajari Alat Bantu Penyandang Disabilitas yang Supercanggih
Sekjen Kemensos Harry Hikmat mencoba secara langsung penggunaan alat bantu, berupa kursi roda robotik yang bisa dengan mudah berpindah tempat dari tempat tidur untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya saat berkunjung ke Plaza Pusat Peralatan Kesejahteraan di Kota Kitakyush, Jepang. Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, KITAKYUSHU - Delegasi Kementerian Sosial (Kemensos) dalam kunjungan kerjanya di Jepang menyaksikan dari dekat kemajuan inovasi dalam pengembangan alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Saat berkunjung ke Plaza Pusat Peralatan Kesejahteraan Sosial Pemerintah Kota Kitakyushu, delegasi Kemensos disuguhi berbagai alat bantu untuk penyandang disabilitas yang supercanggih, seperti tempat tidur pintar, hewan peliharaan robotik, laptop sensor mata dan gerak, serta berbagai kursi roda robotik berbasis aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau AI.

Rombongan yang dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemensos Harry Hikmat diterima langsung Direktur Eksekutif Biro Perencanaan dan Koordinasi Departemen Luar Negeri Kota Kitakyushu Kubota Koji.

Sekjen Kemensos Harry Hikmat mengungkapkan kunjungan ini sejalan dengan kebijakan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam penguatan alat bantu berbasis inovasi teknologi.

Sejak menakhodai Kemensos, mantan Wali Kota Surabaya itu telah membuat berbagai terobosan terkait optimalisasi penggunaan teknologi bagi aksesibilitas bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Terobosan itu seperti tongkat penuntun adaptif, kursi roda multiguna elektrik, sensor air panas, dan sepeda motor roda tiga.

Pengerjaan berbagai alat bantu itu pun melibatkan secara langsung para penyandang disabilitas.

"Kunjungan ke Plaza Pusat Kesejahteraan Sosial Pemerintah Kota Kitakyushu ini tentunya menjadi inspirasi bagi kami untuk membuat terobosan lainnya untuk mengaplikasikan AI dalam pembuatan berbagai alat bantu bagi para penyandang disabilitas dan lansia," kata Harry Hikmat, Kamis (10/11).

Delegasi Kemensos dipimpin Sekjen Harry Hikmat mengunjungi Plaza Pusat Peralatan Kesejahteraan Sosial dan Pusat Perawatan Rehabilitasi Lansia di Jepang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News