Delegasi Kemensos Dipimpin Sekjen Harry Hikmat Studi Praktik Penanganan Bencana ke Jepang

Delegasi Kemensos Dipimpin Sekjen Harry Hikmat Studi Praktik Penanganan Bencana ke Jepang
Delegasi Kemensos dipimpin Sekjen Harry Hikmat saat melaksanakan studi praktik di Jepang terkait penanganan bencana dan layanan terhadap kelompok rentan. Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, FUKUOKA - Delegasi Kementerian Sosial (Kemensos) dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) Harry Hikmat melaksanakan studi praktik penanganan bencana dan layanan terhadap kelompok rentan ke Jepang.

Dipilihnya negara berjuluk Negeri Matahari Terbit sebagai tujuan studi praktik delegasi Kemensos lantaran Jepang dikenal sebagai negara yang telah matang dalam pengelolaan dampak bencana dan sukses melakukan edukasi terhadap warganya dalam mengatasi bencana.

"Dalam satu tahun, terjadi lebih dari tiga ribu kejadian. Pemerintah Indonesia bekerja mengatasi, mencegah dan memitigasi bencana," kata Sekjen Harry Hikmat melalui keterangan yang diterima, Rabu (9/11).

Dia menyampaikan Pemerintah Indonesia melalui Kemensos meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak di Jepang dalam penguatan agenda kesejahteraan sosial.

Jepang mencapai sejumlah kemajuan dalam penanganan bencana dan layanan terhadap kelompok rentan.

"Atas arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, kami mengembangkan lumbung sosial untuk mendekatkan bantuan logistik ke lokasi bencana," beber Harry.

Kemensos telah bekerja sama dengan Jepang melalui Chiba Institute of Science dalam pengelolaan resiko bencana.

"Kami berharap, dapat menjalin kerja sama lebih erat dan bertukar gagasan dengan pemerintah Jepang, terutama dengan Pemerintah Propinsi Fukuoka dan Pemerintah Kota Kitakyushu," ujarnya.

Delegasi Kemensos melaksanakan studi praktik ke Jepang yang terkenal sebagai negara yang telah matang dalam pengelolaan dampak bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News