Kunjungi Kampus UGM, Ditjen Dukcapil Kemendagri Layani Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Kunjungi Kampus UGM, Ditjen Dukcapil Kemendagri Layani Aktivasi Identitas Kependudukan Digital
Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Teguh Setyabudi saat menyampaikan paparan pada kegiatan Dukcapil Goes to Campus dalam rangka memperingati Hardiknas 2 Mei 2023 yang berlangsung di kampus UGM, Selasa (2/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemendagri

jpnn.com, YOGYAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Dukcapil Goes to Campus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023.

Ditjen Dukcapil Kemendagri mengunjungi kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan melayani warga 'Kampus Biru' untuk mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Pelayanan IKD digelar di 7 lokasi kampus UGM Bulaksumur Yogyakarta, yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknik, Peternakan, MIPA, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (KKMK), Balairung, dan perpustakaan.

Tidak kurang sebanyak 80 petugas dari Dukcapil Provinsi DIY dan 5 Dinas Dukcapil kabupaten/kota se-DIY melayani warga kampus UGM dengan jumlah mahasiswa, dosen, dan karyawan diperkirakan lebih dari 60 ribu orang.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi mengatakan IKD merupakan terobosan baru KTP-elektronik dengan versi digital yang bisa diaktivasi dalam smartphone Android, dan dalam waktu dekat bakal segera bisa diaktivasi juga dalam sistem operasi IoS pengguna iPhone.

Teguh menyampaikan ke depan IKD sebagai penghubung pelayanan publik lainnya bakal berlaku secara lebih masif dan lebih canggih.

"Target kami 25 persen dari wajib KTP-el atau sekitar 50 juta penduduk Indonesia bisa mengaktivasi aplikasi IKD. Sekarang ini memang dalam tahap permulaan dan kami harus berbenah memberikan penguatan infrastruktur jaringan dan cyber security," kata Dirjen Teguh Setyabudi di Auditorium Fisipol, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM, Yogyakarta, Selasa (2/5).

Teguh mengatakan seiring dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, IKD juga segera terintegrasi dengan sistem Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital sehingga akan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri melayani aktivasi identitas kependudukan digital bagi mahasiswa, dosen hingga karyawan saat mengunjungi kampus UGM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News