Kunjungi Mesir, Menko PMK Punya Pesan bagi Mahasiswa RI

Kunjungi Mesir, Menko PMK Punya Pesan bagi Mahasiswa RI
Menko PMK Puan Maharani saat berfoto bersama para mahasiswa asal Indonesia di Kairo, Mesir, Kamis (26/7). Foto: kemenkopmk.go.id

jpnn.com, KAIRO - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di sela-sela kunjungan kerjanya di Kairo, Mesir menyempatkan diri menemui para mahasiswa asal Indonesia yang sedang menimba ilmu di Negeri Piramida itu. Puan mengunjungi Mesir setelah menuntaskan kunjungan kerjanya di Arab Saudi untuk memastikan persiapan penyelenggaraan haji 2018.

Pada pertemuan dengan para mahasiswa Indonesia di Mesir, Kamis (26/4), Puan berdialog untuk menyerap masukan sekaligus menyampaikan pesan. Ada 80 mahasiswa dari Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) yang hadir pada pertemuan itu.

Sebagaimana siaran pers Kemenko PMK, para mahasiswa Indonesia dalam pertemuan itu menyampaikan sejumlah aspirasi. Antara lain menyangkut pentingnya pembinaan mahasiswa saat masuk asrama dan memperluas beasiswa.

Selain itu, para mahasiswa juga mengharapkan untuk bisa dilibatkan sebagai tenaga pendamping pelaksanaan haji. Usulan lain dari mahasiswa Indonesia di Mesir adalah agar ada lembaga yang kredibel berbicara masalah agama di tanah air.

Puan langsung memberi respons positif sumbang saran dan pemikiran para mahasiswa. Menteri koordinator kelahiran 6 September 1973 itu berjanji akan meneruskan aspirasi para mahasiswa di Mesir kepada kementerian terkait agar segera ditindaklanjuti.

Namun, Puan juga menyampaikan pesan penting bagi mahasiswa Indonesia di Mesir. Menurutnya, para mahasiswa Indonesia yang saat ini belajar di Mesir merupakan para calon pemimpin.

"Jadilah calon pemimpin yang selalu menjaga keberagaman dan toleransi, karena bangsa kita terdiri dari berbagai macam suku, agama dan budaya. Agar Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga," ujarnya.

Puan menambahkan, para mahasiswa haris mempersiapkan diri sejak dini agar ketika lulus benar-benar memiliki beragam keahlian dan melahirkan inovasi. “Agar mampu bersaing di masa depan," tambahnya.

Menko PMK Puan Maharani menyampaikan pesan penting bagi mahasiswa Indonesia di Mesir agar sebagai calon pemimpin bisa menempa diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News