Mbak Puan Sosok Cerdas, Dinilai Mumpuni Jadi Cawapres Jokowi

Mbak Puan Sosok Cerdas, Dinilai Mumpuni Jadi Cawapres Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (paling kanan), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani (paling kiri) dalam Kongres PDIP di Bali, April 2015. Foto: Ricardo/dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Dukungan untuk Puan Maharani agar menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pemilu 2019 mengemuka. Kali ini, dukungan untuk politikus PDI Perjuangan itu datang dari Solidaritas Muslim Alumni Universitas Indonesia (SOLUSI UI).

Ketua SOLUSI UI Sabrun Jamil mengatakan, PDIP merupakan partai besar dan menjadi pemenang Pemilu 2014. Menurutnya, sudah sepantasnya partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menyodorkan kadernya untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Dalam pandangan Sabrun, sosok Puan merupakan salah satu kader terbaik PDIP. Selain itu, putri Megawati itu juga trah Proklamator RI Soekarno.

“Di pilpres mendatang alangkah bagusnya jika PDIP mendorong Mbak Puan Maharani sebagai capres atau cawapres mendampingi Jokowi,” papar Sabrun dalam diskusi bertema Menuju Konvensi Capres SOLUSI UI 2019 di Jakarta, Kamis (26/4).

Mbak Puan Sosok Cerdas, Dinilai Mumpuni Jadi Cawapres Jokowi
Ketua SOLUSI UI Sabrun Jamil (nomor dua dari kiri) dalam diskusi bertema Menuju Konvensi Capres SOLUSI UI 2019 di Jakarta, Kamis (26/4). Foto: SOLUSI for JPG

Lebih lanjut Sabrun mengatakan, PDIP harus mendorong kadernya untuk tampil demi proses regenerasi. Sebab jika PDIP memilih mengusung tokoh lain, katanya, berarti kaderisasi di partai berlambang kepala banteng itu tak berjalan baik.

“Padahal dalam sistem politik, kaderisasi amat penting untuk dapat mendudukkan orang-orang parpol di posisi penting di negara ini. Posisi penting harus diduduki kader-kader yang berkualitas dan berintegritas, sehingga dapat membuat Parpol terus eksis didukung Kadernya dan menjalankan amanat rakyat,” tegasnya.

Bagi SOLUSI UI, kata Sabrun, akan menjadi kebanggaan tersendiri jika Puan menjadi wakil presiden. Rekam jejak Puan pun sudah teruji karena pernah memimpin Fraksi PDIP DPR dan kini menjadi menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (Menko PMK) yang membawahi sembilan kementerian.

Puan Maharani dinilai sebagai sosok yang sudah teruji karena pernah memimpin Fraksi PDIP DPR dan kini menjadi Menko PMK yang membawahi sembilan kementerian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News