Kunjungi Ponpes Buntet, Jokowi Ajak Ulama dan Umara Kompak

Kunjungi Ponpes Buntet, Jokowi Ajak Ulama dan Umara Kompak
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/4). Foto: Biro Setpres

jpnn.com, CIREBON - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para ulama dan umara untuk berjalan beriringan bersama rakyat. Dia meyakini dengan kekompakan seluruh elemen bangsa maka NKRI akan menjadi sebuah negara yang makmur dan sejahtera.

Jokowi menyampaikan ajakannya saat menghadiri Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga di Pondok Pesantren Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/4). Acara itu dihadiri para santri dan ulama di Cirebon.

"Saya mengajak para ulama dan umara untuk saling beriringan. Insyaallah negara kita akan menuju negara yang makmur, negara yang sejahtera, dan itu memang harus didukung oleh seluruh komponen bangsa," ujarnya.

Jokowi dalam kesempatan itu juga berbicara tentang persatuan di tengah keberagaman. Kepada para ulama, kiai, santri, dan masyarakat yang hadir, mantan gubernur DKI Jakarta itu menceritakan pertemuannya dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud.

"Saat saya bertemu dengan Raja Salman, saya sampaikan bahwa Indonesia ini memiliki 714 suku yang tersebar di 17 ribu pulau di 34 provinsi, di 516 kabupaten dan kota. Betapa sangat besarnya negara kita. Saya sampaikan kepada beliau, beliau sangat kaget," tuturnya.

Jokowi juga menyampaikan hal serupa saat bertemu Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. Presiden ke-13 dalam sejarah Afghanistan itu pun bereaksi kagum saat tahu Indonesia sangat beragam.

Sementara Afghanistan justru dilanda konflik berkepanjangan yang melibatkan 40 kelompok di negeri yang beribu kota di Kabul itu.

"Beliau (Ghani) juga sama. Kagum, memberikan penghargaan. Meskipun kita beragam tetapi alhamdulillah tetap dikaruniai oleh Allah sebuah persatuan dan kesatuan. Ini yang diapresiasi, negara-negara lain," tambah Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para ulama dan umara untuk berjalan beriringan bersama rakyat. Dia meyakini dengan kekompakan seluruh elemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News