Kunjungi Rumah Pengasingan di Banda Neira, Ganjar Kagumi Semangat Bung Hatta

Kunjungi Rumah Pengasingan di Banda Neira, Ganjar Kagumi Semangat Bung Hatta
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo melihat bangku lawas untuk anak sekolah di Rumah Pengasingan Bung Hatta di Banda Neira, Maluku Tengah, Maluku, Selasa (30/1/2024). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, MALUKU TENGAH - Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Banda Neira, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Selasa (30/1/2024).

Banda Neira merupakan pulau di Kepulauan Banda yang dahulu menjadi lokasi pembuangan para pendiri bangsa, seperti Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Iwa Kusuma Sumantri, dan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo.

Salah satu situs bersejarah yang dikunjungi Ganjar ialah Rumah Pengasingan Bung Hatta. Di rumah bersejarah itu, mantan gubernur Jawa Tengah tersebut melihat setiap ruangan.

Ganjar juga mengelilingi kompleks bangunan tua itu. Perhatiannya sempat tertuju pada bangku untuk anak sekolah dan papan tulis di bagian belakang rumah.

“Ini adalah tempat bersejarah. Saat itu Bung Hatta diasingkan oleh penjajah dan ini masih ada bangku untuk sekolah anak-anak sekitar sini,” ujar Ganjar.

Capres yang didukung koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu mengaku sangat mengagumi Bung Hatta.

Ganjar menyebut Bung Hatta yang hidup di pengasingan tetap bersemangat memikirkan pendidikan bagi warga sekitar rumahnya.

“Tentu itu harus menjadi inspirasi dan semangat orang-orang sekarang bahwa pendidikan bagi Bung Hatta sangat penting,” tuturnya.

Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo terpesona oleh bangku untuk anak sekolah dan papan tulis di bagian belakang Rumah Pengasingan Bung Hatta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News