Hamdalah, Ganjar Jadi Capres Pertama Kunjungi Banda Neira

Hamdalah, Ganjar Jadi Capres Pertama Kunjungi Banda Neira
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Selasa (30/1/2024). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, MALUKU TENGAH - Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo yang sedang bersafari di Provinsi Maluku mengunjungi Banda Neira di Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (30/1/2024).

Salah satu pulau di Kepulauan Banda itu dikenal memiliki pemandangan indah dan menyimpan sejarah perjuangan dalam melawan penjajah.

Warga Banda Neira pun menyambut kedatangan Ganjar dengan gegap gempita. Masyarakat setempat meruah ke jalanan demi melihat mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Saat tiba di Banda Neira, Ganjar disambut dengan kalungan bunga. Mantan pimpinan Komisi II DPR itu juga diberi buku berjudul ‘Tana Banda’ yang berisi esai-esai tentang mitos, sejarah, sosial, dan budaya pulau yang keindahannya dijadikan gambar dalam uang kertas pecahan Rp 1.000,- tersebut.

Banda Neira dikenal sebagai pulau tempat pembuangan bagi para pendiri bangsa, antara lain, Bung Hatta, Sutan Sjahrir, Iwa Kusuma Sumantri, dan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo.

Dari tiga kontestan Pilpres 2024, Ganjar menjadi capres yang pertama kali menginjakkan kaki di Banda Neira. Capres yang berpasangan dengan Mahfud Md itu langsung terpesona dengan pulau penghasil rempah tersebut.

“Banda Neira ini memang menjadi tempat yang saya impikan untuk didatangi. Alhamdulillah hari ini bisa sampai di sini,” ujar Ganjar.

Capres dari koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu menyebut Banda Neira punya potensi alam, sejarah, dan budaya.

Ganjar Pranowo yang sedang bersafari di Provinsi Maluku mengunjungi Banda Neira yang dikenal sebagai penghasil rempah dan berpemandangan indah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News