Kunjungi SMPN 1 Turi Sleman, Sri Sultan Hamengkubuwono X Bersedih

Kunjungi SMPN 1 Turi Sleman, Sri Sultan Hamengkubuwono X Bersedih
Gubernur DIY HB X saat mendatangi SMPN 1 Turi. Foto: DWI AGUS/RADAR JOGJA

jpnn.com, SLEMAN - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mendatangi SMPN 1 Turi Sleman, Jumat malam (21/2).

HB X tak sendiri, kehadirannya turut didampingi GKR Hemas. Selain memantau, raja Keraton Jogja itu juga memberikan dukungan moril kepada orang tua korban insiden susur sungai Sempor.

Dia menyayangkan adanya aktivitas susur sungai. Menurut HB X, giat kepramukaan tersebut tidak efektif. Pertimbangannya adalah situasi lokasi dan cuaca saat berlangsung kegiatan.

“Sangat disayangkan, susur sungai justru dilakukan pada saat musim hujan. Padahal pesertanya itu anak-anak, semoga bisa jadi pembelajaran ke depannya,” katanya seperti dikutip dari Radar Jogja.

Dia meminta agar masyarakat atau pihak sekolah bijak. Terutama untuk menghindari kawasan pinggiran sungai maupun arus tengah. Ini karena ancaman bisa datang sewaktu-waktu.

HB X berharap agar ada evaluasi dalam kegiatan sekolah maupun kepramukaan. Terutama untuk penyelenggaraan susur sungai bagi siswa. Apabila dirasa tidak efektif bisa diganti. Atau setidaknya memilih lokasi yang lebih aman. Baik untuk arus sungai maupun sistem pengamanannya.

“Kelompok masyarakat atau kelompok organisasi yang lain bisa menghindari sungai dan aktivitas susur sungai saat musim hujan karena sangat berbahaya. Pihak sekolah tentunya juga harus bertanggung jawab atas kejadian ini. Saya menyampaikan rasa duka yang mendalam sekaligus prihatin,” ujarnya.

HB X tak hanya mengunjungi SMPN 1 Turi. Setelah itu dia langsung berpindah ke Puskesmas Turi. Di tempat ini dia meminta agar pelayanan kesehatan benar-benar optimal untuk penanganan awal.

Selain prihatin atas insiden, Gubernur DIY juga meminta pihak SMPN 1 Turi Sleman bertanggung jawab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News