Senin, 25 September 2017 – 16:37 WIB

Kuota CPNS untuk Cumlaude di KemenPAN-RB Banyak Banget

Rabu, 13 September 2017 – 23:22 WIB
Kuota CPNS untuk Cumlaude di KemenPAN-RB Banyak Banget - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuka 91 formasi CPNS. Sebanyak 19 formasi di antaranya diperuntukkan bagi pelamar dari lulusan cumlaude. Selain itu, disediakan juga dua formasi untuk penyandang disabilitas dan satu formasi bagi putra-putri Papua/Papua Barat.

Banyaknya formasi untuk lulusan cumlaude ini menurut Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman, tak lepas dari harapan Menteri Asman Abnur yang selalu mengatakan agar pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) berisi orang-orang pilihan, khususnya lulusan cumlaude.

“Pemerintah ingin agar lulusan cumlaude bisa menjadi ASN, sehingga dalam rekrutmen CPNS tahun ini minimal 10 persen diperuntukkan bagi lulusan cumlaude,” ujarnya, Rabu (13/9).

Selain itu KemenPAN-RB juga membuka formasi untuk lulusan S3 dan S2, selain dari S1. Ada empat jabatan yang diperuntukkan lulusan S3, yakni Perencana Ahli Pertama, Analisis SDM Aparatur masing-masing satu orang, dan dua orang Analis Kebijakan Ahli Pertama. Sedangkan formasi untuk sarjana S-2 dialokasikan 20 formasi, dan selebihnya sarjana S-1.

Herman menambahkan, kriteria cumlaude adalah dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi juga terakreditasi A/unggul pada saat lulus.

“Hal itu harus dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude atau dengan pujian pada ijazah atau transkrip nilai,” terangnya.

Dia menambahkan, pelamar cumlaude juga harus memiliki skor ITP paper-based TOEFL yang diterbitkan mulai 1 September 2015 (bukan prediction test) dengan skor minimal 450 bagi pelamar dari lulusan S-1, dan skor minimal 500 bagi pelamar dari S-2.


Untuk pelamar CPNS dari jalur umum dan disabilitas, baik S-1, S-2 maupun S-3 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00 dari program studi perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan akreditasi minimal B. Sedangkan untuk formasi putra-putri Papua dan Papua Barat, IPK minimal 2,75 dan ITP paper-based TOEFL dengan skor minimal 400.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini