Kupas Masa Depan Riset dan Teknologi Indonesia, BEM ITS Gelar Festival Karya

Kupas Masa Depan Riset dan Teknologi Indonesia, BEM ITS Gelar Festival Karya
Festival Karya 2021 yang akan dilaksanakan BEM ITS pada 27-28 November. Foto: Dokumentasi BEM ITS

jpnn.com, SURABAYA - Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (BEM ITS) akan melaksanakan Festival Karya 2021.

Sejumlah kegiatan akan memeriahkan acara yang berlangsung pada 27-28 November, seperti unjuk karya mahasiswa ITS di bidang riset dan teknologi.

Presiden BEM ITS Ahmad Nailul menyampaikan Festival Karya 2021 merupakan inisiasi dari Kementerian Riset dan Teknologi BEM ITS untuk mengajak masyarakat melihat masa depan Indonesia melalui riset dan teknologi.

"Kami melibatkan pentahelix stakeholder yang terdiri atas unsur pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha, dan media untuk saling terlibat bersama dalam membahas diskursus mengenai masa depan riset dan teknologi Indonesia," kata Ahmad Nailul kepada JPNN.com, Rabu (24/11).

Dia mengatakan tujuan Festival Karya selaras dengan kebutuhan dalam kondisi saat ini, yaitu memfasilitasi mahasiswa ITS Surabaya maupun mahasiswa Indonesia dan masyarakat pada umumnya dalam wawasan mengenai Tim Riset dan Student Chapter yang ada pada ITS.

"Termasuk wawasan mengenai masa depan riset dan teknologi di Indonesia," ujarnya.

Ketua Pelaksana Festival Karya 2021 Aulia Marta mengemukakan acara yang diselenggarakan tahun ini membawa tema besar, yaitu 'Peluang dan Tantangan Bidang Riset dan Teknologi Dalam Penerapan Era Society 5.0 Untuk Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045'.

"Tema tersebut dilatarbelakangi melihat Indonesia sebagai negara yang era industri 4.0 dengan segala kemajuan teknologi yang akan semakin canggih ke depannya sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul agar dapat bersaing dan beriringan dengan teknologi yang ada," ujar mahasiswi ITS angkatan 2019 itu.

Sejumlah kegiatan akan memeriahkan Festival Karya 2021 yang diselenggarakan BEM ITS pada 27-28 November