JPNN.com

Kurangan Darah Bikin Haid Terlambat?

Minggu, 29 April 2018 – 20:40 WIB Kurangan Darah Bikin Haid Terlambat? - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anemia atau kurang darah dan terlambat haid ternyata berkaitan. Saat seorang wanita mengalami anemia, secara otomatis dia akan berisiko mengalami terlambat haid.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengapa hal tersebut bisa terjadi, simak penjelasan berikut ini.

Menurut dr. Fiona Amelia MPH, kurang darah merupakan kondisi di mana tubuh tidak mengandung cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Sedangkan haid yang terlambat didasari adanya gangguan pada keseimbangan hormon kewanitaan, yakni hormon estrogen dan progesteron. Kedua kondisi tersebut dapat terjadi secara bersamaan.

Kurangnya zat besi

Menurut dr. Fiona penyebab wanita mengalami terlambat datang bulan karena kurangnya asupan zat besi, yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

“Tubuh Anda membutuhkan asam folat dan vitamin B12 untuk memproduksi cukup sel darah merah yang sehat. Bila Anda tak cukup mengonsumsi zat tersebut, maka produksi sel darah merah terganggu dan bisa menyebabkan haid terlambat,” jelasnya.

Jika Anda mengalami haid dalam kondisi produksi sel darah merah yang tidak optimal, bisa timbul masalah baru, yaitu anemia defisiensi zat besi.

Anemia jenis ini terjadi ketika Anda kehilangan banyak darah saat menstruasi. Di sisi lain cadangan zat besi di tubuh Anda juga ikut berkurang. Tanpa zat besi yang cukup, maka pembentukan hemoglobin di dalam sel darah merah akan terganggu, sehingga menyebabkan anemia defisiensi zat besi.

Sumber Klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...