Kurangi Pengangguran, Kemnaker Gandeng 2 Kementerian Ini Kembangkan Wirausaha

Kurangi Pengangguran, Kemnaker Gandeng 2 Kementerian Ini Kembangkan Wirausaha
Kemnaker, Kemendesa DPTT dan Kemenkop UKM melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan pada Senin (11/10) di Balai Latihan Kerja Samarinda, Kalimantan Timur. Foto. dok Kemnaker

jpnn.com, SAMARINDA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) untuk mengembangkan program kewirausahaan.

Langkah itu dilakukan agar bisa menekan angka pengangguran masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Sinergi tiga kementerian tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan pada Senin (11/10) di Balai Latihan Kerja Samarinda, Kalimantan Timur.

"Kita berkolaborasi dan bersinergi pada program kerja andalan di masing-masing kementerian dalam upaya mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perdesaan," ucap Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida menambahkan pandemi Covid-19 berdampak pada 29,12 juta angkatan kerja mengalami pengganguran.

Dari jumlah tersebut, 2,56 juta menjadi pengangguran karena pandemi, 0,76 juta bukan angkatan kerja, dan 1,77 juta orang tidak bekerja karena dirumahkan.

Dia menyakini, kolaborasi itu bisa menekan angka pengangguran yang ada dan dapat memitigasi angkatan kerja yang terdampak pandemi.

"Jadi, saya yakin dengan sinergitas, dikeroyok bersama-sama antar kementerian dan lembaga, antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tingkat pengangguran terbuka kita bisa turun," ucapnya.

Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng dua kementerian lain dengan mengembangkan program kewirausahaan guna menekan angka penggangguran di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News