Kursi CPNS yang Dianulir Bisa Diisi Calon Lain

Kursi CPNS yang Dianulir Bisa Diisi Calon Lain
Kursi CPNS yang Dianulir Bisa Diisi Calon Lain
JAKARTA--Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah dinyatakan lolos tapi kedapatan curang dan akhirnya dibatalkan, ternyata jatahnya bisa diisi pelamar lain. Dengan catatan, CPNS penggantinya memiliki nilai tinggi atau rangkingnya di atas.

Hanya saja, penggantian tersebut menurut Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB)Tasdik Kinanto, jika kondisinya memungkinkan. Artinya ada rentang waktu yang cukup untuk penggantian berkas CPNS-nya. "Kalau masih ada waktu yang cukup, dibolehkan mengganti dengan calon lagi. Tapi bila waktunya sempit ya, dibiarkan kosong," ungkap Tasdik, Minggu (20/3).

Dia mencontohkan kasus yang terjadi saat seleksi CPNS 2009. Di mana Kota Kotamobagu dilaporkan ada kecurangan yang berakibat penundaan pemberkasan NIP 385 CPNS. Setelah ditelisik, ternyata ada 145 CPNS yang kelulusannya tidak murni sehingga harus dianulir.

"Saat itu jatahnya tidak bisa diganti dengan pelamar lainnya, karena waktunya sangat sempit. Ditambah lagi pemberkasan NIP CPNS-nya telah mengalami penundaan hingga berbulan-bulan," ujarnya.

JAKARTA--Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah dinyatakan lolos tapi kedapatan curang dan akhirnya dibatalkan, ternyata jatahnya bisa diisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News