Kuwait Butuh 1.000 Nakes, ayo Perawat Manfaatkan Peluang Ini

Kuwait Butuh 1.000 Nakes, ayo Perawat Manfaatkan Peluang Ini
Kemnaker berkomitmen meningkatkan kompetensi SDM di bidang kesehatan, khususnya nakes perawat. Kebutuhan perawat di beberapa negara sedang tinggi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kedutaan Besar RI di Kuwait menyatakan, peluang dan kesempatan kerja bagi tenaga kesehatan (nakes) sangat terbuka di sana.

Pandemi Covid-19 mengakibatkan kebutuhan tenaga kesehatan, terutama perawat, makin meningkat pada 2022.

"Sekitar 500-1.000 tenaga kerja dibutuhkan untuk mengisi formasi di sektor kesehatan di negara yang berbatasan dengan Arab Saudi dan Irak tersebut," kata Dubes RI untuk Kuwait Lena Maryana yang didampingi Atnaker di Kuwait Ratna Sari Dewi pada Sabtu (12/3).

Menurut Lena, permintaan tenaga perawat dan teknisi kesehatan tidak hanya berasal dari rumah sakit (RS) swasta di Kuwait, tetapi juga Kementerian Kesehatan Kuwait.

"Proses kerja sama G to G penempatan kerja tenaga kesehatan saat ini memasuki tahap pembahasan isi dan substansi perjanjian penempatan tenaga kesehatan Indonesia di Kuwait," ujarnya.

Lena berharap penandatanganan nota kesepahaman kerja sama G to G penempatan tenaga kerja kesehatan bagi PMI di Kuwait segera dilaksanakan pada 2022.

"Peluang kerja di sektor kesehatan di Kuwait sangat terbuka dengan gaji yang cukup menjanjikan. Saya berharap pekerja migran Indonesia (PMI) mencapai kompetensi keperawatan yang dibutuhan pasar kerja global, khususnya di Kuwait,'' kata Lena.

Sementara itu, Ratna menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen meningkatkan kapasitas SDM Indonesia di bidang keperawatan agar memiliki kompetensi sesuai pasar kerja global.

Dubes RI untuk Kuwait Lena Maryana menyatakan, sekitar 500-1.000 tenaga kerja dibutuhkan untuk mengisi formasi di sektor kesehatan di Kuwait

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News