La Nyalla Sebut Joko Driyono Sangat Tahu soal Vigit Waluyo

La Nyalla Sebut Joko Driyono Sangat Tahu soal Vigit Waluyo
Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Foto: dok/JPG

jpnn.com, SURABAYA - Meski PSSI dalam tekanan yang begitu besar, sang wakil ketua umum Joko Driyono tetap tenang. Dalam Diskusi bertajuk #PSSIHarusBaik yang digagas Jawa Pos di Graha Pena, Surabaya (17/12) dia yakin Liga 1 bebas dari pengaturan skor.

Indikasinya adalah besarnya perputaran uang dalam rumah judi bola untuk Liga 1. Per satu laga Liga 1, setidaknya ada USD 5,7 juta atau setara Rp 70 miliar uang yang berputar di rumah judi.

"Semakin besar uang yang berputar di rumah judi, semakin tinggi trust bahwa sepak bola Indonesia tidak diatur. Kalau jumlah uang yang berputar sedikit, itu artinya sepak bola Indonesia bisa diatur, dan akan ditinggalkan para pejudi," kata pria yang akrab disapa Jokdri itu.

Dia semakin yakin lantaran 70 persen laga di Liga 1 disiarkan secara live. "Jadi bisa terawasi secara kolektif," imbuhnya.

Untuk Liga 1, boleh saja Jokdri menepuk dada. Namun, tidak untuk Liga 2. Indikasi pengaturan skor begitu besar. Bahkan Hidayat memilih mundur dari Exco PSSI karena pernah mencoba mengajak Madura FC mengatur skor.

Mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti yang turut hadir dalam diskusi #PSSIHarusBaik bahkan tak sungkan menyebut nama Vigit Waluyo sebagai dalang pengaturan skor di kasta kedua.

La Nyalla mengatakan, Vigit memang ada di luar struktur PSSI. Namun, pengaruhnya cukup besar. Dia merupakan kaki tangan bandar untuk mengatur skor. "Nah dia (Vigit) ikut bekerja sama dengan (oknum) pengurus PSSI. Saya rasa Mas Joko (Driyono) sangat tahu itu. Cuma ya mas Joko mungkin nggak mentoloan. Kalau saya sih, mentolo saja," kata Ketua PSSI Periode 2015-2016 itu sembari mencolek Jokdri.

Jokdri yang duduk tepat di sebelah La Nyalla memilih tenang. Hanya duduk diam tanpa merespons. Melihat hal itu, La Nyalla meneruskan pembicaraannya. Dia menyatakan, pada saat masih menjabat ketua PSSI, Vigit tidak diberi ampun olehnya. "Dulu saya kolaborasi sama mas Joko, Vigit enggak bisa berbuat apa-apa. Setiap ada wasit yang dijamah Vigit, langsung kami ganti," tegasnya.

Joko Driyono yang duduk tepat di sebelah La Nyalla memilih tetap tenang, duduk diam tanpa merespons.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News