Laba-laba Mematikan Australia Efektif Bunuh Sel Kanker

Laba-laba Mematikan Australia Efektif Bunuh Sel Kanker
Laba-laba Mematikan Australia Efektif Bunuh Sel Kanker

Laba-laba funnel-web Australia atau laba-laba jaring corong adalah salah satu arakhnida paling mematikan di dunia, dan para peneliti kini telah menemukan bahwa mereka bahkan dapat digunakan untuk membunuh sel-sel kanker tertentu.

Penelitian oleh QIMR Berghofer Medical Research Institute menemukan peptida – yang diekstrak dari kelenjar racun laba-laba funnel-web Darling Downs dan disintesis secara kimia - memiliki sifat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker melanoma pada manusia dan menghentikan penyebarannya.

Senyawa ini, yang juga terbukti sangat efektif dalam mengobati sel-sel tumor wajah Tasmanian devil, dapat menjadi dasar perawatan kanker baru.

Peneliti utama asal Queensland, Dr Maria Ikonomopoulou mengatakan bahwa peptida itu telah diuji dalam percobaan laboratorium terhadap senyawa serupa dari laba-laba Brasil, dan ia terkejut mendapati bahwa peptide itu memiliki efek yang sangat besar.

"Sangat menggembirakan sekali," katanya.

"Kami menemukan peptida laba-laba jaring corong Australia lebih baik dalam membunuh sel-sel kanker melanoma dan mampu menghentikan penyebarannya, dan itu juga tidak memiliki efek beracun pada sel-sel kulit yang sehat."

Laba-laba Mematikan Australia Efektif Bunuh Sel Kanker Photo: Dr Maria Ikonomopoulou memimpin penelitian yang mengkaji manfaat racun pada laba-laba jaring corong untuk pengobatan kanker. (Supplied: QIMR Berghofer Medical Research Institute)

Peptida adalah rantai asam amino yang dihubungkan satu sama lain oleh ikatan amida, dimana pada peptida laba-laba jaring corong yang digunakan dalam penelitian internasional ini untuk menguji sifat antibiotik dan anti-kankernya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News