Ladies, Ini 3 Cara Cegah Bau Tak Sedap Muncul Saat Menstruasi

Ladies, Ini 3 Cara Cegah Bau Tak Sedap Muncul Saat Menstruasi
Ilustrasi area kewanitaan.

jpnn.com - Meski vagina memang memiliki bau yang unik, aroma tidak sedap bisa saja muncul terutama ketika sedang menstruasi. Untuk itu, yuk cari tahu cara pencegahannya di bawah ini!

1. Ganti pembalut

Dari KlikDokter, dr. Sara Elise Wijono menjelaskan bahwa sering mengganti pembalut saat menstruasi penting untuk dilakukan. Bukan hanya mencegah bau tidak sedap muncul. Namun, mengganti pembalut secara rutin juga buat vagina terhindar dari bakteri penyebab penyakit.

“Tidak ada patokan berapa kali Anda harus mengganti pembalut saat menstruasi. Namun, dua sampai tiga kali dalam sehari biasanya cukup untuk menghindari bakteri penyebab penyakit. Jika darah yang keluar cukup banyak, maka mengganti pembalut bisa dilakukan lebih dari tiga kali,” ujar dr. Sara Elise pada KlikDokter.

2. Cuci vagina

Sebenarnya, Anda tidak perlu menggunakan sabun khusus untuk membersihkan vagina. Hal ini disebabkan vagina sudah memiliki metode pembersihan otomatis berkat bakteri baik.

Pasalnya, bakteri baik ini akan menjaga keseimbangan pH vagina dengan cara mengurangi bakteri jahat yang bisa ancam kadar pH vagina yang dibutuhkan. Maka, hindari pula penggunaan cairan pembersih vagina.

Namun saat menstruasi, Anda diminta untuk lebih sering membasuh vagina dengan menggunakan air mengalir agar tidak ada darah yang menggumpal di dinding, maupun rambut kemaluan vagina.

Darah yang menempel dan menggumpal pada vagina bisa menimbulkan bau tidak sedap muncul dan buat Anda jadi risi.

Apabila ketiga hal di atas sudah dilakukan tapi aroma tidak sedap masih muncul, terutama saat menstruasi, maka ini bisa jadi ada yang salah dengan kondisi kewanitaan Anda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News