Lagi, 10 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

Lagi, 10 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 10.000.280 dosis bahan baku atau bulk vaksin Sinovac kembali tiba di Indonesia, Senin (12/7). Bahan baku itu  nantinya langsung dibawa oleh Bio Farma. 

“Kami kembali kedatangan 10.000.280 dosis bahan baku vaksin Sinovac, termasuk overfill atau ekstra 10 persen dan 1 RKN Reagent,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya secara virtual.

Dia menjelaskan dengan kedatangan ini, maka jumlah vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku bertambah menjadi  115.500.280 dosis. 

Nantinya, akan diolah  Bio Farma menjadi 93 juta dosis vaksin jadi yang siap diberikan kepada masyarakat. 

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kedatangan vaksin ini, hingga pendistribusiannya ke seluruh provinsi di Indonesia,” lanjut Menkes Budi

Eks Dirut Inalum itu menjelaskan kedatangan vaksin merupakan bagian dari upaya pemerintah melakukan percepatan dan perluasan program vaksinasi untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity, sekaligus menanggulangi lonjakan kasus Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia. 

Menurut Budi, program vaksinasi ini akan melengkapi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM mikro dan darurat dalam upaya melawan pandemi Covid-19. 

Oleh karena itu, eks wakil menteri BUMN ini mengimbau seluruh masyarakat bergotong royong dengan pemerintah dalam mengikuti program vaksinasi yang tersedia untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal. 

Indonesia kembali kedatangan 10 juta dosis bahan baku atau bulk vaksin Sinovac. Pemerintah tengah berupaya melakukan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News