Lagi, Gempa Guncang Sulawesi Tengah Pagi Ini, 5,4 SR

Lagi, Gempa Guncang Sulawesi Tengah Pagi Ini, 5,4 SR
Reruntuhan puing berserakan di sepanjang jalan di kawasan Palu usai gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah. Foto: Muhammad Rifki/AFP

jpnn.com, PALU - Gempa berkekuatan 5,4 skala richter mengguncang beberapa daerah di Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9) pada pukul 09.32 WIB.

Gempa dengan lokasi 1,49 LS – 120,04 BT mengguncang pada kedalaman 10 km. Beberapa daerah yang terkena dampak gempa bumi tersebut di antaranya 21 km pada bagian Tenggara Kabupaten Sigi Sulteng.

Kemudian 67 km bagian Tenggara Palu Sulteng, lalu 80 Km Barat Daya Poso Sulteng. Dan 83 Km bagian Tenggara Mamuju Utara Sulbar.

Lagi, Gempa Guncang Sulawesi Tengah Pagi Ini, 5,4 SR

Sebelumnya, gempa pertama terjadi dengan kekuatan 5,9 skala richter di kabupaten Donggala, Jumat (28/9) kemarin sore. Gempa tersebut terjadi sebanyak empat kali, hingga yang terparah berkekuatan 7,4 skala richter.

Kepala BPBD Kabupaten Donggala, Akris mengatakan bahwa gempa pertama dirasakan selama 15 detik, yang kemudian disusul gempa kedua dirasakan selama 5 detik. Lalu gempa ketiga dirasakan sedang selama 8 detik. Gempa ini juga dirasakan sampai di Palu.

Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala masih melakukan pendataan terkait korban gempa. (sul/fajar)


Beberapa daerah yang terkena dampak gempa bumi Sabtu (29/9) pagi tadi di antaranya 21 km pada bagian Tenggara Kabupaten Sigi Sulteng.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News