Lagi, Ikan-ikan Mati di Danau Toba

Lagi, Ikan-ikan Mati di Danau Toba
Bangkai ikan di KJA milik warga Tipang, Kabupaten Humbahas, tampak mengambang. Secara tiba-tiba, puluhan ton ikan di lokasi ini bermatian. Kondisi yang sama juga terjadi di Muara, Taput. Foto: Bernard L Gaol/New Tapanuli/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Peristiwa ikan-ikan mati di keramba jaring apung (KJA) di Danau Toba, Sumut, kembali terjadi.

Kali ini terjadi di wilayah Tapanuli Utara (Taput) dan Humbang Hasundutan (Humbahas). Diperkirakan, ikan yang mati mencapai puluhan ton.

Sebelumnya terjadi di Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun.

Para petani KJA di sisi Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Humbahas, tampak membersihkan danau dari bangkai ikan yang mengambang.

Informasi dihimpun, Senin (9/1), kasus kematian ikan secara mendadak ini mulai diketahui sejak Minggu (8/1). Ikan mas dan nila yang terdapat di KJA para petani, tiba-tiba mati dan mengambang di permukaan air.

Anton Simamora (40), salah seorang pemilik KJA di Desa Tipang, mengaku bingung apa yang menyebabkan kematian ikan-ikan mereka.

‘’Enggak tahu kita. Tapi, seperti kekurangan oksigen. Nantilah kita tunggu hasil pemeriksaan petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Humbahas. Tadi mereka sudah mengambil sampel air dan ikan yang mati,” ujarnya.

Menurutnya, sedikitnya 61 rumah tangga produksi (RTP) pemilik KJA di daerah itu mengalami nasib serupa.

Peristiwa ikan-ikan mati di keramba jaring apung (KJA) di Danau Toba, Sumut, kembali terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News