Lagu Doel Sumbang Terbanyak Dibajak

Lagu Doel Sumbang Terbanyak Dibajak
Lagu Doel Sumbang Terbanyak Dibajak
BANDUNG - Hingga Juni 2008 Kepolisian Daerah  (Polda) Jawa Barat berhasil menyita sebanyak 23.741 keping Video Compatc Disc (VCD) bajakan yang berisi lagu-lagu Sunda. Rinciannya,  hasil penyitaan Polwiltabes Bandung sebanyak 1.275 keping, Polwil Cirebon 13.608, Polwil Purwakarta 1.210, Polwil Priangan 6.372 dan Polwil Bogor 1.276 keping.

Kapolda Jabar Irjen Pol Susno Duadji kepada wartawan  menjelaskan, pembajakan seni Sunda merupakan satu dari sembilan perhatian khusus darinya.. ”Jadi jangan main-main dengan kasus pembajakan ini, saya akan tindak tegas dan tidak pandang bulu dalam menindaknya,” tandas Kapolda.

Sebagian besar yang bajak terbut, ungkap Kapolda, adalah musik Jaipongan dan lagu-lagu karya Doel Sumbang. ”Dari ribuan keping yang disita itu kami juga mengamankan 269 tersangka,” ujarnya.

”Kita janji aksi ini tidak akan sampai disini tetapi akan terus berlangsung hingga para pelakunya jera,”  kata tambahnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat bersikap responsif dalam masalah tersebut. ”Bila ada pelanggaran segera SMS atau hubungi Polsek terdekat,” himbaunya.

Bahkan Kapolda juga tidak segan-segan mencopot Kapolsek setempat bila ada laporan yang tidak ditindaklanjuti. ”Saya tidak akan ragu untuk mencopot Kapolsek bila mereka tidak merespon laparan dari warganya, jadi mulai saat ini jang takut untuk melapor,” ujar Kapolda.

Kepala Disbudpar Jabar, I. Budhyana pun menyambut gembira dengan keberanian Kapolda Jabar dalam memberantas pembajakan. ”Kami gembira dengan langkah yang diambil oleh Kapolda Jabar mudah-mudahan dengan langkah ini seniman menjadi tambah bersemangat dalam menciptakan karya-karyanya,” ungka I Budhyana.

Sementara itu Ketua Paguyuban Seniman Rekaman Tatar Sunda (Panaratas) Dadi Gyardani Jiwapraja mengatakan mereka tidak mentolerir segala bentuk pembajakan, khususnya pada produk rekaman karya seniman Sunda.. ”Oleh karena itu Panaratas akan berperan aktif membantu aparat kepolisian dalam memberantas pembajakan,” ujarnya.

BANDUNG - Hingga Juni 2008 Kepolisian Daerah  (Polda) Jawa Barat berhasil menyita sebanyak 23.741 keping Video Compatc Disc (VCD) bajakan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News