Laju Ekonomi Global Melambat

Laju Ekonomi Global Melambat
Laju Ekonomi Global Melambat
JAKARTA - Prospek perekonomian global masih suram. Dampak krisis finansial yang mulai terjadi sejak 2008 di Amerika Serikat (AS) dan menjalar ke Eropa, rupanya, masih meninggalkan jejak pada ekonomi dunia.   

Laporan terbaru International Monetary Fund (IMF) menyebutkan, mereka memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2012 dari 3,5 persen menjadi 3,3 persen, terendah sejak resesi 2009. "Untuk 2013, proyeksi pertumbuhan global juga diturunkan dari 3,9 persen menjadi 3,6 persen," ujar Kepala Ekonom IMF Olivier Blanchard yang dikutip kemarin (9/10).

Dalam rilisnya, IMF menyebut bahwa penyebab revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global adalah lambatnya pemulihan ekonomi di negara-negara maju. "Selain itu, risiko ketidakpastian juga tinggi,"  katanya.

Menurut Blanchard, penanganan krisis utang di zona Eropa yang tidak kunjung tuntas dan recovery ekonomi AS yang belum memuaskan memunculkan kekhawatiran terhadap prospek ekonomi global. "Krisis ini juga telah memengaruhi ekonomi negara berkembang,"  ujarnya.   

JAKARTA - Prospek perekonomian global masih suram. Dampak krisis finansial yang mulai terjadi sejak 2008 di Amerika Serikat (AS) dan menjalar ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News