Laksamana Yudo Dianugerahi Gelar Kesatria Padma Nusantara

Laksamana Yudo Dianugerahi Gelar Kesatria Padma Nusantara
Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh Anak Agung Ngurah Kakarsana memberikan gelar kehormatan Kesatria Padma Nusantara kepada KSAL Laksamana Yudo Margono yang ditandai dengan penyematan Pin Emas tepat di hulu hati dengan prosesi pemercikan tirta atau air suci dan doa yang berlangsung di atas geladak KRI Surabaya-591 di sekitar Perairan Bali, Kamis (12/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, GIANYAR - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menerima penganugerahan gelar Kesatria Padma Nusantara.

Gelar kehormatan tersebut ditandai dengan penyematan Pin Emas tepat di hulu hati dengan prosesi pemercikan tirta atau air suci dan doa oleh Ida Pedanda Gede Putra Kekeran di atas geladak KRI Surabaya-591 yang berlayar di sekitar Perairan Bali, Kamis (12/5).

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal) melaporkan, sebanyak KRI mengawal prosesi yang berlangsung di atas KRI Surabaya-591.

KRI Frans Kasiepo-368 mengawal dari sisi kiri KRI Surabaya, KRI Sultan Iskandar Muda-367 di sebelah kanan serta di belakang terdapat KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Kesatria Padma Nusantara merupakan gelar yang diberikan oleh keluarga besar kerajaan Puri Ageng Blahbatu, Bali untuk memberikan penghargaan kepada tokoh yang melindungi, menjaga dan menyejahterakan rakyat.

Gelar kehormatan “Kesatria Padma Nusantara” juga merupakan simbolisasi keutuhan seorang pemimpin. Seorang pemimpin wajib membumi, seorang pemimpin wajib menyejukkan, mendamaikan dan menenteramkan serta seorang pemimpin harus selalu terkoneksi dengan Tuhan Yang Maha Esa.

KSAL Yudo dalam sambutannya mengatakan gelar kehormatan tersebut merupakan representasi dari kegigihan, semangat pantang menyerah, tekad yang kuat dan cita-cita besar seorang Mahapatih Gajah Mada dalam menyatukan seluruh Kerajaan di Nusantara.

“Hal ini sangat erat kaitannya dengan tugas yang diemban oleh TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI,” ujar Laksamana Yudo.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menerima penganugerahan gelar Kesatria Padma Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News