Rabu, 19 September 2018 – 15:55 WIB

Lalu Muhammad Zohri Sprinter asal NTB Mengejutkan Dunia

Jumat, 13 Juli 2018 – 09:27 WIB
Lalu Muhammad Zohri Sprinter asal NTB Mengejutkan Dunia - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Lalu Muhammad Zohri, sprinter muda Indonesia yang menghebohkan dunia atletik dunia dan tanah air. Ya, dia menjadi sprinter pertama Indonesia yang mencicipi gelar juara dunia, di Kejuaraan Dunia U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia Kamis dini hari (WIB).

Sebelumnya, Lalu merengkuh tiket menuju ajang tahunan itu pada test event Asian Games di Jakarta awal tahun ini. Dengan modal catatan waktu 10,25 detik, Lalu Zohri akhirnya mendapatkan slot di Kejuaraan Dunia. Awal Juni lalu, pelari asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu meraih emas Kejuaraan Asia Junior di Jepang.

Saat itu, dia mencatatkan waktu 10,27 detik. Dengan kondisi yang ada saat ini, Zohri mampu mengejutkan dunia. Tampil di final, Lalu menempati line ke-8. Dia memperlihatkan start mulus, berbeda dengan ketika dia menjadi juara Asia junior belum lama ini. Lalu Muhammad Zohri bersaing ketat dengan pelari muda tercepat dari seluruh Indonesia.

Tetapi, pelari yang masih tercatat sebagai siswa SMA Ragunan itu mencatatkan waktu terbaik 10,18 detik. Itu mengungguli dua pelari Amerika Serikat, Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik.

“Sangat bangga sekali karena saya buat sejarah bagi Indonesia, sangat luar biasa,” kata Lalu dalam video yang menyebar. Indonesia tercatat meloloskan tiga atlet muda ke Kejuaraaan Dunia U-20. Selain Lalu, masih ada Halomoan Binsar (lari 400 meter putra), dan Idan Fauzan Richsan (lompat galah putra).

Nah, sebelum berangkat, Lalu dan Idan sempat mengalami masalah pengurusan visa. Khusus Lalu, dia membutuhkan penjamin untuk mendapatkan visa. Sebab, dia merupakan seorang yatim piatu.

“Saya yang mesti tanggung semua, jika tidak ya tidak dapat visa,” kata Bob Hasan, Ketua Umum PB PASI setelah mengikuti rapat di Kantor Kemenko PMK, Jakarta kemarin.

Sedangkan bagi Idan, dia terpaksa tidak berangkat lantaran galah yang dia gunakan untuk bertanding tidak bisa masuk ke pesawat. Lalu Zohri merupakan penggawa tim sprinter putra Indonesia.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar