Lama-Lama Pandemi Covid-19 Bisa Bikin Stres, Waspadalah!

Lama-Lama Pandemi Covid-19 Bisa Bikin Stres, Waspadalah!
Sejumlah warga mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Psikolog Dra Irna Minauli MSi mengatakan kondisi pandemi COVID-19 membuat sebagian masyarakat jenuh, tetapi di sisi lain masih harus waspada.

"Wabah COVID-19 ini lama-kelamaan menimbulkan stres sehingga mulai merasa tidak nyaman," ujar Minauli yang merupakan Direktur Minauli Consulting Medan itu.

Dia menyebutkan beberapa orang kemudian mencoba mencari hiburan dengan pergi keluar rumah dan bahkan ke tempat-tempat keramaian atau bahkan hiburan.

Ketika mereka merasa bahwa hal itu tidak berdampak apa pun pada dirinya dan keluarga atau orang-orang yang dikenalnya, mulailah timbul keraguan tentang adanya bahaya penularan atau penyebaran COVID-19 ini.

"Terlebih ketika mereka mempercayai pendapat orang-orang tertentu yang meragukan keberadaan virus corona," ujarnya.

Minauli mengatakan, kesadaran biasanya baru muncul kembali ketika mereka melihat atau mendengar langsung orang yang terinfeksi virus corona dan dampaknya.

"Pada saat itu biasanya orang akan belajar dari apa yang dilakukan orang lain," ucap dia.

Ia menjelaskan ketika mereka berhasil sembuh dari penyakit COVID-19 ini misalnya dengan cara pengobatan tertentu atau mengonsumsi vitamin C dosis tinggi, minum obat herbal, berjemur dan berolahraga, maka orang lain akan menirunya.

Mencegah terinfeksi Covid-19 lebih baik daripada mengobatinya. Patuhilah protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News