Lamongan Siap Ekspor Jagung Ke Malaysia

Lamongan Siap Ekspor Jagung Ke Malaysia
Bupati Lamongan H.Fadeli ketika mengajak utusan Menteri Pertanian Malaysia melihat pengembangan tanaman jagung di Desa Banyubang Kec.Solokuro, Senin (27/3/2017). Foto: Humas Kementan for JPNN.com

jpnn.com, LAMONGAN - Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, siap mengekspor jagung ke Malaysia.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Lamongan H.Fadeli ketika mengajak utusan Menteri Pertanian Malaysia melihat pengembangan tanaman jagung di Desa Banyubang Kec.Solokuro, Senin (27/3/2017).

Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Pertaniannya telah mengutus 6 orang delegasi dari MARDI (Malaysian Agricultural Research and Development Institute) melakukan study banding dan pembicaraan dengan Bupati Kab.Lamongan dan Ketua Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI) tentang rencana impor benih dan jagung untuk makanan ternak, dari tanggal 26 s/d 29 Maret 2017.

Pimpinan delegasi Malaysia Mohd Rashid Rabu, Deputy Director MARDI Malaysia kagum melihat kejayaan pengembangan jagung di Kab.

Lamongan dengan tingkat produktivitas bisa mencapai 10 ton jagung pipil per-hektar.

Di Malaysia tanaman jagung tidak begitu luas. "Ada sedikit tanaman jagung manis untuk konsumsi. Sedangkan untuk kebutuhan makanan ternak seratus persen di impor dari Brazil, Argentina dan India", jelasnya.

"Malaysia mengimpor jagung setiap tahun sekitar 4 juta ton", ungkapnya.

Setelah melihat kejayaan Lamongan mengembangkan jagung, Mohd Rashid akan membawa laporan ini ke peringkat atas.

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, siap mengekspor jagung ke Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News