LAN Akan Tatar Wakil Rakyat 2009-2014

LAN Akan Tatar Wakil Rakyat 2009-2014
LAN Akan Tatar Wakil Rakyat 2009-2014
JAKARTA--Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Asmawi Rewansyah mengatakan, anggota legislatif dari pusat hingga daerah yang terpilih melalui pemilu legislatif 9 April 2009 lalu, banyak yang tidak paham tentang birokrasi. Karena itu LAN mengusulkan agar anggota dewan yang baru ini diberikan pelatihan mengenai birokrasi pemerintahan.

"Bukannya meremehkan, tapi sesuai data yang kami peroleh, banyak anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupatan/Kota terpilih belum memahami bagaimana birokrasi pemerintahan. Itu sebabnya kami mengusulkan pada Komisi II DPR untuk mengizinkan LAN mengadakan pelatihan khusus sebelum anggota dewan yang baru ini memulai tugasnya," ulas Asmawi di gedung DPR, Senayan, Senayan, Kamis (4/6).

Hal senada diungkapkan Kabag Humas Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Indratno. Ada temuan di daerah, antara bupati/wali kota dan anggota DPRD-nya saling bersinggungan karena tidak memahami mekanisme pemerintah daerah.

"DPRD itu mitranya pemerintah, tapi akan jadi masalah kalau salah satu pihak ingin diutamakan. Dan ini banyak dikeluhkan pemerintah daerah. Pemda seolah-olah berada dalam tekanan DPRD. Kalau sampai bersinggungan, maka agenda Pemda jadi terganggu," tukasnya di tempat yang sama.

JAKARTA--Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Asmawi Rewansyah mengatakan, anggota legislatif dari pusat hingga daerah yang terpilih melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News