Landasan Pacu di Bandara IKN Nusantara Akan Dibangun Sepanjang 3.000 Meter

Landasan Pacu di Bandara IKN Nusantara Akan Dibangun Sepanjang 3.000 Meter
Gubernur Isran Noor (ketiga dari kanan) bersama Menhub Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri) ketika meninjau lokasi pembangunan Bandara IKN Nusantara. Foto: Humas Pemprov Kaltim

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk membangun bandara di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lokasi dibangunnya Bandara Internasional itu sudah ditetapkan.

Letaknya sejauh 20 Kilometer dari titik nol, atau Istana Negara yang akan dibangun di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Penetapan lokasi pembangunan sudah di lakukan ketika Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melangsungkan kunjungan kerja ke lokasi IKN Nusantara pada Senin (21/2) lalu.

Dalam peninjauan persiapan pembangunan bandara, kala itu menhub turut didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor. Untuk menuju ke lokasi pembangunan bandara, rombongan ini terbang menggunakan helikopter.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi memastikan tempat akan dibangunnya bandara berada di lokasi yang strategis. Terletak di antara Balikpapan dan IKN Nusantara dan terhubung dengan tol.

"Saya dengan Pak Isran sudah terbang ke IKN untuk memastikan bandara yang akan kita bangun. Kami sudah lakukan penelitian, lokasinya sangat baik," kata Menhub Budi Karya melalui keterangan tertulis yang dirilis Humas Pemprov Kaltim kepada JPNN.com, Rabu (23/2).

Disampaikan lebih lanjut, mengenai panjang landasan pacu Bandara yang akan dibangun sepanjang 3.000 meter. Panjang landasan pacu itu sama panjangnya dengan Bandara Internasional Yogyakarta.

Begitu juga dengan Bandara di IKN, nantinya bertipe bandara internasional yang dapat digunakan sekaligus oleh TNI Angkatan Udara dalam menjalankan keperluan militer.

Landasan pacu Bandara IKN Nusantara nantinya bisa didarati jenis pesawat Airbus A400.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News