Lansia Jadi Prioritas Bantuan FBK 2022

Lansia Jadi Prioritas Bantuan FBK 2022
Kemendikbudristek kembali menggelar Fasilitasi Bidang Kebudayaan 2022 yang pendaftarannya dibuka besok pada 14 Februari hingga 14 Maret. Foto: Tangkapan layar situs Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek membuka kembali fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) tahun 2022 mulai hari ini, 14 Februari. Pendaftarannya dibuka hingga 14 Maret 2022 mendatang.

FBK adalah bantuan pendanaan yang diberikan kepada komunitas budaya dan lembaga/organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang kebudayaan.

Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda mengungkapkan penerima FBK 2022 diprioritaskan yang berdomisili dan akan melaksanakan kegiatan kebudayaan di daerah 3T. Kemudian berada di provinsi yang nilai indeks pembangunan kebudayaan (IPK) tahun 2020 lebih rendah dari nilai IPK nasional. Selain itu secara pragmatis melibatkan partisipasi aktif penyandang disabilitas maupun perempuan. 

FBK 2022 juga diprioritaskan untuk yang membuka akses terhadap partisipasi aktif kelompok lansia; melaksanakan kegiatan terkait warisan budaya tak benda (WBTB). Di samping itu secara entitas maupun secara kepengurusan belum pernah menerima bantuan tahun sebelumnya.

"Pelibatan atau membuka akses kepada kelompok lansia, karena lansia sebagai penduduk senior, memiliki sejumlah kelebihan," kata Fitra di Jakarta, Senin (14/2).

Selain menjadi penyangga pembangunan nasional, lanjutnya, mereka (lansia) juga menjadi pelestari nilai-nilai budaya, pemelihara sekaligus pewaris budaya bangsa kepada generasi sesudahnya. Usia bukanlah penghambat produktivitas dalam berkarya dan  lansia bukan beban negara.

Fitra menyebut para lansia adalah penyanggah perababan. Semua sepakat menjadikan pengetahuan lansia untuk tersebar luas. 

Dia menambahkan, diperlukan upaya strategis yang pro lansia dalam memberdayakan mereka agar produktif, kreatif, dan terpenting pengetahuan yang dimilkinya bisa tersebarluaskan dengan baik. 

Kemendikbudristek memprioritaskan lansia untuk mendapatkan fasilitas bidang kebudayaan 2022 yang pendaftarannya dimulai hari ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News