Lantik PAW Anggota MPR, Bamsoet Ingatkan Hati-Hati Menjelang Pemilu, Jangan Terprovokasi

Lantik PAW Anggota MPR, Bamsoet Ingatkan Hati-Hati Menjelang Pemilu, Jangan Terprovokasi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) alam pelantikan anggota MPR RI pengganti antar waktu, di Gedung MPR RI, Jakarta, Selasa (14/11). Foto: MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan memasuki tahun 2024 agar masyarakat harus hati-hati agar tidak terprovokasi.

Sebab, bangsa Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada kondisi sosial kebangsaan yang ditimbulkan akibat gejolak geo-politik global terhadap kondisi perekonomian dunia.

"Tantangan lainnya terkait kondisi iklim yang semakin tidak bersahabat. BMKG merilis fenomena cuaca El Nino akan berlangsung setidaknya hingga akhir tahun 2023. Berbagai sektor akan terdampak oleh fenomena cuaca ini, mulai dari jumlah produksi energi dari PLTA yang menurun, hingga sektor pertanian yang mengalami penurunan produksi tanaman pangan akibat terganggunya siklus masa tanam, gagal panen, kurangnya ketahanan jenis tanaman, atau penyebaran hama yang aktif pada kondisi kering," ujar Bamsoet dalam pelantikan anggota MPR RI pengganti antar waktu, di Gedung MPR RI, Jakarta, Selasa (14/11).

"Karena itu, segenap pemangku kepentingan, utamanya pemerintah, diharapkan segera mengambil langkah mitigasi dan antisipasi terhadap dampak negatif yang terjadi," lanjutnya.

Adapun anggota MPR RI yang dilantik, yakni Dadang S. Muchtar dari Fraksi Golkar, Daerah Pemilihan Jawa Barat VII serta Andi Najmi Fuaidi dari Fraksi PKB, daerah pemilihan Jawa Tengah IX.

Turut hadir Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena, Sekretaris Fraksi Partai Golkar MPR RI Ferdiansyah, serta Bendahara Fraksi Partai Golkar MPR RI Mujib Rahmat.

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan, disaat dunia masih dihadapkan pada konflik Rusia dan Ukraina yang belum usai, serta eskalasi ketegangan geopolitik global di berbagai wilayah yang terus meningkat, saat ini komunitas global juga dihadapkan pada krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza, Palestina.

Menyikapi kondisi ini, Indonesia harus berpegang teguh pada amanat Konstitusi untuk menentang setiap aksi kekerasan yang mencederai nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan keberadaban.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan memasuki tahun 2024 agar masyarakat harus hati-hati agar tidak terprovokasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News