LaNyalla: Masa Depan Indonesia Harus Dipersiapkan dari Sekarang

LaNyalla: Masa Depan Indonesia Harus Dipersiapkan dari Sekarang
Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti (tengah). Foto: Tim DPD RI

jpnn.com - SEMARANG - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan Indonesia harus melakukan reposisi untuk menghadapi perubahan global di masa depan.

"Kita harus memperkuat keunggulan. Masa depan Indonesia harus dipersiapkan dari sekarang," kata LaNyalla saat mengisi dialog publik Kebangsaan dan Tata Negara Indonesia di Kantor Daerah DPD RI Jawa Tengah, Jumat (11/11).

LaNyalla mengatakan setiap negara memiliki keunggulan berbeda. Ada yang memiliki keunggulan kompetitif, ada pula yang memiliki keunggulan komparatif.

Korea Selatan misalnya, mereka sudah meluncurkan posisi masa depannya sebagai negara industri senjata dan alat berat di Asia.

Sementara itu, Arab Saudi meluncurkan Saudi Vision 2023 dengan membangun kota baru di Kota Neom sebagai magnet pariwisata dunia.

"Arab Saudi mulai menyadari bahwa minyak mereka akan habis dan menjadi energi yang bukan primadona lagi," tutur LaNyalla. 

Uni Emirat Arab konsisten dengan membangun ikon raksasa yang menjadi magnet dunia. Saat ini, mereka sedang menyiapkan Replika Bulan di Dubai. Dengan demikian, turis mancanegara tak perlu naik SpaceX untuk ke Bulan, cukup ke Dubai.

 Tiongkok sudah memulai proyek menyulap kawasan gurun mereka menjadi hijau. Gurun yang bisa ditanami," kata LaNyalla.

LaNyalla menyatakan seharusnya ekonomi Indonesia dijalankan dengan tiga pilar utama. Apa saja?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News