Laode Ida: Fenomena Korupsi Sejalan dengan Otda

Laode Ida: Fenomena Korupsi Sejalan dengan Otda
Laode Ida: Fenomena Korupsi Sejalan dengan Otda
MANILA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Laode Ida mengatakan fenomena korupsi di Indonesia ternyata sejalan dengan semangat otonomi daerah yang saat ini datang dari hampir seluruh penjuru daerah.

"Ketika negara Indonesia dikelola dengan pola sentralisasi, korupsi lebih banyak terjadi pada pusat-pusat kekuasaan di Jakarta. Tapi begitu kran otonomi dibuka, korupsi juga menyebar ke hampir pelosok daerah," Laode Ida, dalam Konferensi Parlemen Antikorupsi yang diselenggarakan oleh Global Legislative Organization for Againts Corruption GOPAC di Manila, Filipina, Jumat (1/2).

Fenomena yang sama menurut Laode Ida, juga terjadi di panggung politik Indonesia dimana pengaruh uang sangat menentukan kesuksesan para politisi terutama dari kalangan pengusaha dalam meyakinkan konstituennya.

"Saya melihatnya itu adalah sebuah fenomena korupsi politik yang bisa mengancam tumbuh dan berkembangnya demokrasi di Indonesia," tegas senator dari daerah pemilihan Sulawesi Tenggara itu.

MANILA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Laode Ida mengatakan fenomena korupsi di Indonesia ternyata sejalan dengan semangat otonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News