LAPAN Prediksi Jakarta dan Sekitarnya Banjir Besar 19-20 Februari, Waspada!

LAPAN Prediksi Jakarta dan Sekitarnya Banjir Besar 19-20 Februari, Waspada!
ILUSTRASI. Mobil Menerjang Banjir. Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN memprediksi wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek) berpotensi terjadi  banjir besar pada 19-20 Februari 2021.

Hal itu berdasarkan hasil prediksi Sadewa-LAPAN. 

Sadewa sendiri merupakan produk litbang LAPAN berupa aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer yang dikembang untuk mendukung riset atmosfer maupun aplikasinya oleh badan operasional terkait.

"Semua pihak diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir besar yang dapat terjadi 19-20 Februari secara luas di Jadetabek, sebagaimana yang pernah terjadi pada 1 Januari 2020," tulis Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan (TREAK) PSTA-LAPAN dalam keterangannya yang diterima, Kamis (18/2).

Berangkat dari peringatan dini yang dikeluarkan BMKG bahwa hujan ektrem diprediksi guyur DKI Jakarta pada 18-19 Februari, Sadewa-LAPAN juga memprediksi hujan itu akan mulai terjadi di Jakarta pada pukul 23.00 WIB nanti.

"Dengan intensitas yang makin meningkat dan jangkauan wilayah yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang, bahkan hingga Karawang," tulis Tim TREAK LAPAN.

Hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada Jumat (19/2) pukul 05.00 WIB. 

Kemudian intensitas hujan akan berkurang, hujan tetap terjadi secara luas di Jakarta dan Sekitarnya hingga pukul 17.00 WIB.

LAPAN memprediksi wilayah Jakarta dan sekitarnya banjir besar pada 19-20 Februari 2021, mirip banjir 1 Januari 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News