Lapangan Merdeka jadi Lokasi Parkir

Lapangan Merdeka jadi Lokasi Parkir
Lapangan Merdeka jadi Lokasi Parkir

jpnn.com - MEDAN-Seiring pengoperasian Kualanamu International Airport (KNIA), lalulintas di kawasan Lapangan Merdeka telah diubah. Selain perubahan arus lalu-lintas, parkir akan diletakkan di sekeliling Lapangan Merdeka Medan. Kendaraan yang parkir di Lapangan Merdeka untuk kendaraan pengantar penumpang atau penjemput penumpang yang menggunakan akses kereta api Medan-Kualanamu.

"Berhubung karena lokasi parkir belum ada, maka lokasi parkir untuk sementara kita letakkan di sekeliling Lapangan Merdeka. Selain itu, kita juga menempatkan parkir di sisi kiri Jalan Stasiun, namun untuk sisi kanan kita larang parkir," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat pada rapat Pembahasan Manajemen dan Rekayasa Lalu-lintas Lapangan Merdeka di Kantor Walikota Medan, Selasa (23/7).

Dikatakannya, selain parkir di sekeliling Lapangan Merdeka, parkir juga dibuat di Jalan Stasiun untuk sepedamotor yang akan dikurangi menjadi dua lapis, serta becak bermotor akan diletakkan di antara pintu gerbang Titi Gantung hingga ke depan gudang penyimpanan barang.

Untuk tahap awal penanganan lalu-lintas, lanjutnya, diutamakan pada Jalan Stasiun dan Jalan Bukit Barisan. Jalan Bukit Barisan akan diubah menjadi balik arah yang selama ini satu arah.

Nantinya akan dibalikkan menjadi keluar ke arah Jalan Balai Kota. Sedangkan, perubahan arah Jalan Jawa akan dilakukan bila situasinya mendesak tapi arahnya dari Jalan HM Yamin menuju Jalan Irian Barat

Dipaparkannya. sebelum pengoperasian Bandara Kualanamu, volume kendaraan di Jalan Stasiun hanya 5.900 per jam, dengan kapasistas 33 ribu per jam. Namun, banyak kendaraan yang parkir menunggu dan mengantar penumpang mengakibatkan kecepatan kendaraan menjali lambat sekitar 25,8 km per jam. "Volume kendaraan di Jalan Stasiun belum terlalu padat," paparnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Musaddad yang memimpin rapat mengatakan, perencanaan pembagian dan pengalihan lajur lalu-lintas agar dilakukan dengan matang. Karena, jumlah kendaraan menuju stasiun nantinya akan semakin besar. Jika tidak dilakukan perhitungan yang matang, maka perhitungan lokasi parkir dan prioritas yang bisa masuk di sekitar stasiun.

"Jika diberikan prioritas kepada becak bermotor di sana, berapa jumlah becak, sehingga tidak terjadi penumpukan yang membeludak," ujarnya dalam rapat yag juga dihadiri Kasat Lantas Kompol Budi Hendrawan, Kasubdid Keamanan dan Keselamatan Polda Sumut AKBP Sujarno dan lainnya.

MEDAN-Seiring pengoperasian Kualanamu International Airport (KNIA), lalulintas di kawasan Lapangan Merdeka telah diubah. Selain perubahan arus lalu-lintas,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News