Lapas Pasir Putih Kisruh

Lapas Pasir Putih Kisruh
Lapas Pasir Putih di Nusakambangan. Foto: JPNN.
CILACAP - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pasir Putih Nusakambangan, Senin sore (23/6) kisruh. Pemicunya, sejumlah napi mengamuk hingga menyebabkan sejumlah faslilitas terbakar.

Polisi menurunkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) pasukan Brimob bersenjata lengkap dibant pasukan dari Polres Cilacap Selain itu, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Cilacap dikerahkan ke sana. Namun hanya satu mobil Damkar yang diseberangkan karena air laut pasang menyulitikan penyeberangan.

Selain itu, satu unit crane milik CV Kharisma yang sedang mengerjakan proyek di Nusakambangan dikerahkan untuk membantu pemadaman. Hingga tadi malam, polisi yang dikirim ke Nusakambangan masih berada di lokasi. Puluhan polisi, juga masih disiagakan untuk berjaga-jaga di Dermaga Wijayapura.

    Penyebab kerusuhan masih simpang siur. Namun dari sejumlah sumber diperoleh informasi, kekisruhan itu dipicu kekesalan dua orang napi kasus narkoba yang akan dipindah ke Lapas Batu terkait rencana proses eksekusi.

    Menurut informasi, kekisruhan itu berawal dari kedatangan sejumlah petugas yang akan mengurus kepindahan napi bernama Antony dan seorang napi asal Nigeria bernama Sergy.

Rupanya  napi di blok tersebut tak terima dan meprotes pemindahan itu. Mereka  membakar ruangan KPLP, kamar dan ruangan kunjungan tamu. Selain melakukan pembakaran, saklar utama lampu penerang dipadamkan. Peristiwa itu, terjadi sekitar pukul 15.00

Versi lain menyebutkan, napi asal Nigeria bernama Sergiy kesal saat didatangi sejumlah petugas yang meminta tanda tangan terkait dengan proses eksekusi. Napi kasus narkoba ini  mengamuk hingga membuat teman-temannya sesama napi berusaha keluar dari selnya.    

Dalam sekejap, suasana menjadi ricuh. Sejumlah sumber menuturkan, napi yang berada di selnya keluar secara beramai-ramai hingga membuat sipir Lapas kewalahan. Pada saat genting itulah, mulai muncul kobaran api. Namun hingga tadi malam, polisi belum menyimpulkan asal kemunculan api pertama kali.  Yang jelas sejumlah sumber menuturkan, akibat kobaran api itu sebagian ruangan hangus

CILACAP - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pasir Putih Nusakambangan, Senin sore (23/6) kisruh. Pemicunya, sejumlah napi mengamuk hingga menyebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News