Laporan Akhir Investigasi MH17 Diumumkan, Begini Komentar AS dan PBB

Laporan Akhir Investigasi MH17 Diumumkan, Begini Komentar AS dan PBB
Puing-puing MH17 yang jatuh di wilayah timur Ukraina. Foto: Int

jpnn.com - WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyambut laporan akhir Dewan Keamanan Belanda tentang pesawat MH17 Malaysia Airline yang ditembak jatuh tahun lalu di timur Ukraina.

"Kami menyambut penemuan penting Dewan Keamanan Belanda dalam laporan akhirnya tentang penerbangan MH17 Malaysia Airlines yang telah ditembak jatuh," kata Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner dalam pernyataan yang dirilis pada Selasa.

Menurut dia, laporan tersebut merupakan hasil dari investigasi yang disiapkan dalam periode 15 bulan secara bebas, transparan dan rapi sesuai Annex 13 Konvensi tentang Penerbangan Sipil Internasional yang melibatkan kontribusi banyak pakar dari berbagai negara termasuk AS.

"Laporan (Dewan Keamanan Belanda) menegaskan kata-kata awal Sekretaris Negara, John Kerry lebih setahun yang lalu bahwa MH17 ditembak jatuh menggunakan rudal dari tanah ke udara BUK," kata dia.

Dia juga mengingatkan kembali bahwa Kerry sudah menyatakan secara jelas bahwa AS ada mendeteksi rudal diluncurkan dari daerah kontrol pemberontak pada saat penembakan jatuh tersebut. (Bernama/ray/jpnn)

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyambut laporan akhir Dewan Keamanan Belanda tentang pesawat MH17 Malaysia Airline yang ditembak jatuh tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News