Laporkan Ketua DPR ke MKD, Komisi VI Hanya Ingin...

Laporkan Ketua DPR ke MKD, Komisi VI Hanya Ingin...
Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sebanyak 36 anggota dan pimpinan Komisi VI DPR melaporkan Ketua DPR Ade Komarudin ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), terkait dugaan pelanggaran etika pembiaran terjadinya pelanggaran administrasi antarkomisi di dewan.

Anggota Komisi VI Bowo Sidik Pengarso menegaskan, keputusan ini diambil dalam rapat pleno komisi. Tujuannya hanya untuk menegakkan aturan tata tertib dan Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

"Ini bagian kami menegakkan UU MD3. Komisi VI memberanikan diri laporkan ini karena kondisinya pimpinan DPR secara kolektif sering melakukan pelanggaran," ujar Bowo, Jumat (14/10).

Kasus dugaan pelanggaran etika ini terkait pembagian kewenangan antara Komisi VI selaku mitra kerja BUMN dengan Komisi XI yang membidangi keuangan. 

Saat ditanya soal sanksi untuk Akom, sapaan Ade, selaku penanggung jawab pimpinan DPR, Bowo menyebutkan hukuman minimal adalah teguran dari MKD, sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Politikus Golkar ini juga menilai dugaan pelanggaran etika yang terjadi masih kategori ringan, sehingga tidak mungkin dicopot dari jabatan. 

Kecuali, MKD punya penilaian lain, Bowo menyebut itu kewenangan mahkamah mendalaminya. "Gak mungkin dicopot. Ini hanya pembelajaran," pungkasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Sebanyak 36 anggota dan pimpinan Komisi VI DPR melaporkan Ketua DPR Ade Komarudin ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), terkait dugaan pelanggaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News