Latih Dokter Daerah untuk Cuci Darah

Latih Dokter Daerah untuk Cuci Darah
Latih Dokter Daerah untuk Cuci Darah

SURABAYA - RSUD dr Soetomo kini menggagas unit hemodialisis di empat kabupaten di Jatim. Itu dilakukan agar pasien tidak perlu wira-wiri ke Surabaya. Sebab, unit cuci darah bisa diaktifkan di daerah masing-masing.

Empat daerah yang jadi jujukan itu adalah Bondowoso, Pasuruan, Sampang, dan Tuban. Tenaga medis di empat daerah tersebut juga akan dilatih untuk menangani pasien plus merawat alat cuci darah. ''Para dokter spesialis penyakit dalam pun dilatih mengelola unit cuci darah di daerah masing-masing,'' kata Kepala Instansi Hemodialisa RSUD dr Soetomo dr Pranawa SpPD-KGH.

Dokter Moh. Hidayatur Rohman SpPD dari RSUD Sampang baru dua pekan berlatih di Surabaya. Rencananya, rumah sakit di daerahnya dilengkapi empat mesin cuci darah. ''Nanti pasti ditambah sesuai dengan jumlah pasiennya. Asal tenaga siap dan empat mesin digunakan maksimal,'' jelasnya.

Begitu juga dr Suprayitno SpPD dari RSUD dr Soeroto Ngawi. Selama ini, kata dia, banyak pasien dari kotanya yang dikirim ke Madiun dan Solo untuk cuci darah. Namun, sampai akhir bulan ini, setidaknya ada lima mesin yang dioperasikan. Memang, jumlah itu belum mencukupi.

SURABAYA - RSUD dr Soetomo kini menggagas unit hemodialisis di empat kabupaten di Jatim. Itu dilakukan agar pasien tidak perlu wira-wiri ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News