Latih Warga Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Latih Warga Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana
Warga saat latihan pencegahan dan kesiapsiagaan hadapi bencana di Pengandaran, Jabar. Foto: kemensos for jpnn

jpnn.com, PANGANDARAN - Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan akan mendirikan 100 Kampung Siaga Bencana (KSB) yang baru di sejumlah kabupaten dan kota sebagai bagian dari upaya pemerintah mendorong kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jendaral Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat di Pangandaran, usai mengukuhkan Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran sebagai Kampung Siaga Bencana ke-608, Rabu (1/8).

Dirjen mengatakan tinggal di lokasi rawan bencana bukan berarti hidup dalam kekhawatiran. Bukan pula menunggu bencana datang lalu baru menggerakkan dan melatih warga kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Tapi kita harus menyadari betul bahwa Indonesia adalah daerah dengan risiko rawan bencana sehingga harus selalu siaga. Dalam hal kewaspadaan ini, tentunya masyarakat yang lebih mengetahui kondisi wilayahnya masih-masing karena merupakan tempat tinggal mereka," terangnya.

KSB merupakan wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dijadikan kawasan atau tempat untuk program penanggulangan bencana.

Hingga Juli 2018, jumlah KSB adalah 608 dan diharapkan jumlahnya terus bertambah hingga 100 KSB di akhir 2018.

Beberapa titik yang tengah disiapkan untuk menjadi KSB adalah Kabupaten Sumba Timur di Provinsi NTT, Kabupaten Lombok Timur di Provinsi NTB, Kabupaten Pulau Buru Selatan di Provinsi Maluku dan Kabupaten Cilacap di Provinsi Jawa Tengah.

Tujuan KSB adalah untuk memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan risiko bencana, membentuk jejaring siaga bencana berbasis masyarakat dan memperkuat interaksi sosial anggota masyarakat, mengorganisasikan masyarakat terlatih untuk siaga bencana, serta mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada untuk penanggulangan bencana.

Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan akan mendirikan 100 Kampung Siaga Bencana (KSB) yang baru di sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News