Launching Obras Senator, Bamsoet Ingin DPD Memainkan Peran Pentingnya

Launching Obras Senator, Bamsoet Ingin DPD Memainkan Peran Pentingnya
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai DPD RI perlu aktif mengambil peran tidak hanya dalam bidang legislasi, melainkan juga fungsi pengawasan dan anggaran.

"Pada dasarnya, setiap lembaga negara yang dibentuk dengan mandat kekuasaan rakyat haruslah memiliki kekuasaan untuk dipergunakan bagi sebesar-besar kepentingan rakyat," kata Bamsoet saat menjadi narasumber acara launching Obras (Obrolan Senator) dalam rangka HUT ke-16 DPD RI, di Jakarta, Kamis (1/10).

Hadir pada kesempatan itu Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Sultan Bachtiar Najamudin, Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, Ketua Komite II DPD RI sekaligus Ketua Panitia HUT ke-16 DPD RI Yorrys Raweyai.

Launching Obras Senator, Bamsoet Ingin DPD Memainkan Peran Pentingnya

Menurut ketua ke-20 DPR ini, masa depan demokrasi Indonesia salah satunya ditentukan oleh terwujudnya kedaulatan rakyat melalui lembaga yang mempunyai kewenangan mandiri.

Melalui penguatan DPD RI, berbagai perbedaan dan keragaman bangsa meliputi wilayah, penduduk, kultur, agama, nilai-nilai historis, dapat diperjuangkan dan dirumuskan dalam kebijakan nasional.

Karenanya Bamsoet memandang keberadaan DPD sangat penting secara proporsional dalam konteks 'menjadi' (process of becoming) dalam jangka panjang, dibanding melihatnya sebagai suatu wujud yang baku atau final.

"Dengan demikian perjuangan memperkuat DPD baik di bidang legislasi, anggaran, maupun pengawasan, harus dilihat sebagai perjuangan jangka panjang, terus menerus, tekun dan sabar," tutur legislator Partai Golkar itu.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menginginkan penguatan DPD RI secara tugas dan fungsinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News