Laura Basuki jadi Ikon Festival Indonesia Bertutur 2022

Laura Basuki jadi Ikon Festival Indonesia Bertutur 2022
Festival Indonesia Bertutur 2022. Foto: dok Kemdikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Festival Indonesia Bertutur dengan menggandeng artis Laura Basuki sebagai ikon.

Festival itu sebagai sarana untuk menjaga budaya berkelanjutan dan cagar budaya sumber ilmu pengetahuan. 

Festival Indonesia Bertutur 2022 akan diselenggarakan di Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 7—11 September 2022 mendatang dengan melibatkan sekitar 900 pelaku budaya dan menampilkan lebih dari 100 karya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid merancang festival ini sebagai kegiatan dua tahunan agar bisa memfasilitasi para pelaku budaya sekaligus memperluas akses publik atas warisan budaya yang dimiliki Indonesia.

“Dengan perkembangan teknologi, terutama di bidang media, kami ingin mendorong pemanfaatan teknologi agar publik memiliki akses yang semakin besar terhadap warisan budaya yang kita miliki dan dapat memanfaatkan warisan budaya tersebut sebagai sumber ilmu pengetahuan,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, di Jakarta.

Selain itu, Dirjen Hilmar berharap festival ini bisa memicu kreativitas para seniman, utamanya yang muda, sehingga ekosistem kreasi konten makin maju dengan  memperkenalkan budaya Indonesia.

Penyelenggaraan Indonesia Bertutur 2022 makin istimewa karena bertepatan dengan presidensi Indonesia di G20 sehingga kegiatan itu menjadi mata acara kegiatan G20 bidang kebudayaan.

Mengusung tema “Mengalami Masa Lalu, Menumbuhkan Masa Depan” Festival Indonesia Bertutur 2022 akan menampilkan 20 cagar budaya sebagai materi yang dipilih para pelaku budaya dalam karya mereka.

Laura Basuki dianggap tepat sebagai wajah festival karena pencapaian yang didapatkan aktris berbakat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News