Lawan Rusia, Kroasia Pengin Ulangi Kisah Manis 1998

Lawan Rusia, Kroasia Pengin Ulangi Kisah Manis 1998
Kapten Kroasia, Luka Modric (tengah). Foto: EPA

jpnn.com, SOCHI - Kroasia ingin mengulang kisah indah yang pernah mereka ukir dua dekade silam. Pada Piala Dunia 1998, sebagai tim debutan, mereka sukses melaju hingga babak semifinal.

Nah, di Piala Dunia 2018 ini, Vatreni-julukan Kroasia-ingin mengulang cerita manis tersebut. Namun, jalan yang harus dilalui Luka Modric dkk lumayan terjal. Mereka harus melewati adangan Rusia pada perempat final di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Minggu (8/7) dini hari WIB.

"Ini saatnya menyingkirkan monyet di punggung kami, dan mengulang kisah 1998 lagi,'' koar Modric, seperti dilansir situs resmi FIFA.

Lukica -panggilan akrab Modric- jadi salah satu di antara 40 persen generasi emas Kroasia di Piala Dunia 2018 ini. Rata-rata, mereka pun sudah bersama sejak Euro 2008 lalu.

''Sejak 2008 kami tak pernah mencapainya (semifinal). Saya ingin Kroasia tahun ini bisa menegaskan talentanya, lebih baik dari sebelumnya,'' tambah Modric, yang tahun ini berusia 32 tahun.

Masalahnya, bayang-bayang kegagalan saat melawan negara tuan rumah bakal kembali menghantui skuat besutan Zlatko Dalic itu.

Ingat siapa yang mengakhiri laju Kroasia di Piala Dunia 1998? Prancis, yang kala itu menjadi host-nya. Lalu di Brasil empat tahun lalu, Modric juga merasakan pahitnya kekalahan menghadapi Brasil di matchday pertama fase grup.

Dan sekarang melawan Rusia. ''Jika generasi 1998 gagal, maka kami takkan seperti mereka. Kami lebih baik dari mereka,'' klaim bek Dejan Lovren, dilansir di Goal.

Bentrok Rusia vs Kroasia di perempat final Piala Dunia 2018 akan digelar, Minggu (8/7) dini hari WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News