Layanan Publik di 600 Instansi Bakal Dinilai

Layanan Publik di 600 Instansi Bakal Dinilai
Layanan Publik di 600 Instansi Bakal Dinilai

jpnn.com - JAKARTA--Sekitar 600 instansi bakal dinilai inovasi pelayanan publiknya di tahun depan. Saat ini ada 76 kementerian/lembaga, 34 provinsi dan 512 kabupaten/kota, yang diharapkan bisa mengajukan satu inovasi pelayanan publiknya untuk dinilai.

"Kalau seluruh instansi mengajukan satu, maka dalam setahun setidaknya ada 600 inovasi pelayanan publik. Nantinya, semua itu akan didokumentasikan dan dibukukan menjadi sebuah home page dan handbook of public services innovation, sehingga menjadi bahan pembelajaran yang baik bagi instansi lainnya," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo dalam keterangan persnya, Kamis (19/12).

Dia menambahkan, ada beberapa indikator yang akan dipilih, antara lain mempunyai impact atau manfaat dari inovasi tersebut. Selain itu programnya juga harus berkelanjutan, dapat ditransfer ke instansi lain. “Inovasi itu juga bagian dari inisiatif baru, modifikasi, dan terobosan dari pengembangan inovasi yang sudah ada, serta berkaitan secara signifikan dengan reformasi birokrasi,” imbuhnya.

Ditambahkan Deputi Pelayanan Publik Mirawati Sudjono, setiap kementerian/lembaga/pemda diminta mengajukan sedikitnya satu unit pelayanan publik di lingkungannya untuk mengikuti kompetisi ini, secara online melalui website KemenPAN-RB mulai 2 – 31 Januari 2014. “Kami berharap seluruh instansi pemerintah dapat berpartisipasi, karena kompetisi ini merupakan bagian dari implementasi reformasi birokrasi,” ujarnya.

Mirawati menambahkan, pihaknya telah membukukan praktik baik pelayanan publik dari 12 pemda dan kementerian/lembaga. Selain itu, buku kedua yang berisi praktik baik dari 13 pemda dan kementerian/lembaga sedang dalam proses.
 
Selain itu KemenPAN-RB juga sudah mengajukan 18 unit pelayanan publik dari berbagai instansi pusat dan daerah untuk diikutsertakan dalam united nation public services award (UNPSA). Diharapkan setidaknya ada satu atau dua unit layanan publik yang berhasil meraih UNPSA. (esy/jpnn)


JAKARTA--Sekitar 600 instansi bakal dinilai inovasi pelayanan publiknya di tahun depan. Saat ini ada 76 kementerian/lembaga, 34 provinsi dan 512


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News