2014 Jadi Tahun Inovasi Pelayanan Publik

2014 Jadi Tahun Inovasi Pelayanan Publik
2014 Jadi Tahun Inovasi Pelayanan Publik

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menetapkan tahun 2014 sebagai tahun inovasi pelayanan publik. Hal itu dimaksudkan untuk mendorong instansi pusat maupun daerah agar dalam melakukan inovasi pelayanan publik lebih fokus, terarah, mendalam, dan berkesinambungan.

“Dengan demikian diharapkan bisa mendorong percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi,” kata WamenPAN-RB Eko Prasojo dalam keterangan persnya, Kamis (19/12).

Ditambahkannya, KemenPAN-RB bersama lembaga donor akan menyiapkan insentif bagi pemenangnya. “Misalnya, pemenang mendapat kesempatan mengikuti studi atau  seminar-seminar ke luar negeri. Selain itu, bisa juga berupa small grant,” imbuhnya.

Dijelaskan guru besar UI ini, kompetisi inovasi pelayanan publik untuk melakukan evaluasi, sejauh mana upaya  peningkatan kualitas pelayanan publik di tanah air. Selain penilaian, KemenPAN-RB  memberikan saran-saran dan rekomendasi perbaikan, namun tidak lagi semata-mata menerapkan hal-hal formal, dan kaku dengan aturan-aturan, tetapi lebih fleksibel.

Penilaian tidak hanya KemenPAN-RB, tetapi juga dilaksanakan bersama dengan sejumlah instansi pemerintah pusat, seperti Kementerian Dalam Negeri, BKPM, BPKP, Ombudsman RI, KPK, serta kementerian/lembaga terkait. Misalnya, kompetisi di bidang kesehatan melibatkan Kementerian Kesehatan.

Agar hasilnya lebih obyektif, penilaian juga melibatkan banyak melibatkan pihak luar agar lebih obyektif. Juga melibatkan mystery shopper atau dengan menyamar sebagai warga masyarakat yang minta pelayanan, agar tidak diketahui pihak pelaksana pelayanan. Dengan demikian unit pelayanan itu selalu tampil dalam kondisi prima, tidak hanya baik karena sedang dinilai.

“Dalam kompetisi ini, penilaian lebih ditekankan pada learning process juga diutamakan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik,” tutur Eko Prasojo. (esy/jpnn)


JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menetapkan tahun 2014 sebagai tahun inovasi pelayanan publik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News