Layanan Telekomunikasi di Palu Berangsur Pulih

Layanan Telekomunikasi di Palu Berangsur Pulih
Petugas medis membantu pasien di luar rumah sakit setelah gempa dan tsunami menghantam Palu. Foto: Muhammad Rifki/AFP

jpnn.com, SULAWESI TENGAH - Layanan telekomunikasi PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) di wilayah Kota Palu, Donggala dan sekitarnya berangsur pulih pascagempa bumi berkekuatan 7.4 SR.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, saat ini layanan komunikasi SMS dan suara berangsur pulih di beberapa titik strategis kota Palu yang diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi-instansi yang sangat membutuhkan.

"Jaringan 4G yang sudah kembali beroperasi di beberapa wilayah seperti Toli-toli, Poso dan Luwuk," ujar Arif.

Sedangkan untuk Kota Donggala, perangkat layanan voice dan internet telah pulih. Namun, pelanggan IndiHome yang menggunakan jaringan fiber optik masih terkendala catuan listrik di jaringan aksesnya menuju pelanggan.

“Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan interne,” ungkap Arif.

Selain itu, TelkomGroup juga mengaktifkan sistem komunikasi satelit melalui anak usahanya Telkomsat dan sedang memberangkatkan Satellite News Gathering (SNG) dari Makassar ke Palu.

"Kami berupaya maksimal melakukan recovery layanan telekomunikasi untuk memudahkan koordinasi pemerintah serta seluruh petugas lapangan yang saat ini tengah fokus melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana," imbuh dia.(chi/jpnn)


Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan internet.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News