Layanan Terminal Curah Kering Pelindo I Naik 2 Kali Lipat

Senin, 10 Mei 2021 – 23:36 WIB
Layanan Terminal Curah Kering Pelindo I Naik 2 Kali Lipat - JPNN.com
Salah satu pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo I. Foto dok Pelindo I

jpnn.com, BELAWAN - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I meningkatkan fasilitas layanan dan inovasi di Terminal Curah Kering Pelabuhan Belawan.

Salah satunya dengan pengoptimalan Terminal Curah Kering (TCK) di Pelabuhan Belawan, dengan mengoperasikan fasilitas Conveyor yang dipadukan dengan sistem operasi dan teknologi yang terpadu, serta SDM yang ahli.

Dengan adanya fasilitas ini, kegiatan bongkar komoditas curah kering menjadi lebih cepat, efektif dan efisien dengan produktivitas dua kali lebih cepat dari sebelumnya.

Pengoperasian dan pengoptimalan serta inovasi sistem operasional di Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan bekerjasama dengan PT FKS Solusi Logistik.

Layanan ini menggunakan sistem mekanisasi terpadu yang dipantau secara realtime dengan system IT yang terintegrasi.

Operasional TCK menggunakan conveyor dimana proses muatan dari kapal dibongkar ke conveyor, dan muatan akan langsung menuju gudang penyimpanan serta  timbangan yang dimonitoring full dengan cctv.

Sebelumnya kegiatan bongkar muat curah kering di Pelabuhan Belawan menggunakan metode truck lossing, di mana barang dibongkar dari kapal langsung dimuat ke armada angkutan (truck) untuk kemudian dibawa (angkut) menuju gudang.

TCK Pelabuhan Belawan ini juga dilengkapi dengan teknologi Telescopic Chute, yang berfungsi untuk mengurangi penyebaran muatan curah, mengurangi debu dan potensi loss cargo jadi lebih kecil.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...