LDII: Hari Lahir Pancasila Jadi Momentum Membangun Peradaban di Bidang Moral

LDII: Hari Lahir Pancasila Jadi Momentum Membangun Peradaban di Bidang Moral
Ketum LDII Chriswanto Santoso. Foto: dok. LDII

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso mengatakan hari lahir Pancasila merupakan sebuah momentum yang tepat untuk membangun peradaban di bidang moral.

Dia menegaskan tema perayaan hari lahir Pancasila kali ini membawa merenungi ke arah mana peradaban dunia yang akan diwarnai bangsa Indonesia.

"Apakah peradaban itu hanya diukur berlandaskan kecanggihan teknologi atau akhlak bangsa?” ujar Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso.

Ia memaparkan, bangsa Indonesia untuk membangun peradaban dunia bukan hanya mengejar ketertinggalan teknologi, namun juga menjaga agar identitas bangsa yang berjiwa gotong-royong tidak pudar.

“Inti dari Pancasila adalah gotong-royong, dan ini jadi karakter suku-suku bangsa di nusantara jauh sebelum Indonesia lahir,” paparnya.

Menurutnya, sejak era kolonialisme hingga saat ini, anak-anak bangsa seperti bimbang di simpang jalan, antara modernisasi dan westernisasi.

“Peralatan modern diciptakan bahkan diimpor, sementara gaya hidup Barat atau westernisasi hadir menghegemoni pola pikir masyarakat, tanpa disadari hal itu menggerus nilai-nilai gotong-royong dan sifat sosial,” ujar KH Chriswanto Santoso.

Walhasil gaya hidup liberal yang mementingkan diri sendiri, membuat sebagian masyarakat tak peka lagi pada kondisi bangsa, “Contoh kasat mata, adalah adanya pejabat yang korupsi dana bantuan sosial bagi wabah atau bencana, ini membuat kita berduka bercampur geram,” imbuhnya.

Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso mengatakan hari lahir Pancasila merupakan sebuah momentum yang tepat untuk membangun peradaban di bidang moral.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News